Topik 4
Aksi nyata
Pada akhir pembelajaran setiap topik, Anda diminta untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Anda bisa menceritakan refleksi Anda dengan caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja, atau model kreatif lainnya. Berikut ini panduan pertanyaan yang dapat membantu Anda menuliskan blog:
1. Mulai dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Hal yang saya pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran adalah Pemahaman pengetahuan mengenai penerapan sosiokultural yang dilkukan guru di daerah yang memiliki tingkat pendidikan rendah dan terpencil. Dan tentang bagaimana konsep umum tentang zona perkembangan proksimal (ZPD) dan pendekatan, strategi, metode dan teknis pembelajaran yang sesuai pada "zone of proximal development".
2. Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Topik 4 ini mempelajari pembelajaran Zone of Proximal Development (ZPD) merupakan konsep yang ditemukanoleh Lev Vygotsky dalam perkembangan teori anak. ZPD adalah daerah antara hal-hal yang dapat dilakukan oleh siswa secara mandiri dan hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh siswa tanpa bantuan orang lain. Konsep ini melibatkan kemampuan kognitif anak yang berada dalam proses kedewasaan dan tingkat kinerja mereka dengan bantuan orang lain. Dalam pembelajaran, ZPD dapat diaplikasikan dengan menggunakan strategi scaffoldingyaitu memberikan bantuan bertahap kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
3. Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Didalam ruang kolaborasi, saya bersama kelompok berdiskusi dan berbagi pemikiran mengenai pandangan pembelajaran pada "Zone of Proximal Development (ZPD) yang mempengaruhi proses pendidikan dan pembelajaran. Berdasarkan diskusi dapat disimpulkan bahwa ZPD menekankan pentingnya peran guru atau pembimbing dalam membantu peserta didik mencapai potensi maksimal mereka. Selanjutnya, ZPD menekankan pentingnya kolaborasi dan interaksi sosial dalam proses pembelajaran. Melalui kolaborasi dengan teman sebaya atau orang yang lebih berpengalaman, peserta didik dapat saling membantu satu sama lain.
4. Demonstrasi Kontekstual
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Hal penting yang saya pelajari dengan rekan kelompok pada demonstrasi kontekstual adalah saya mengetahui pandangan dari masing-masing anggota kelompok tentang ZPD dan kesiapan mengajar mereka dengan memperhatiksn pembelajaran ZPD. Tentu hal ini menjadi tantangan sebagai pendidik untuk mampu mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal. Dalam kegiatan demonstrasi kontekstual ini kita saling mempresentasikan pandangan masing-masing kelompok dalam memandang pembelajaran ZPD. Dalam kegiatan ini kita saling bertanya jawab seputar pembelajaran ZPD. Dan kita diberikan ruang uantuk menilai hasil kerja dari rekan kelompok lain seputar analisi mereka mengenai pembelajaran ZPD.
5. Elaborasi Pemahaman
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai? Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Saya mempelajari beberapa hal baru mengenai konsep ZPD yang sebelumnya belum saya ketahui. Konsep ZPD melibatkan kemampuan kognitif anak yang berada dalam proses kedewasaan dan tingkat kinerja mereka dengan bantuan orang lain yang lebih ahli. Dalam pembelajaran ZPD dapat diaplikasikan dengan menggunakan strategi scaffolding yaitu memberikan bantuan bertahap kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah tentang cara mengimplementasikan konsep ZPD dalam pembelajaran, termasuk strategi scaffolding yang menekankan pentingnya mempertimbangkan kemampuan siswa, kolaborasi dalam proses pembelajaran.
6. Koneksi Antar Materi
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Link: https://drive.google.com/file/d/17szXVIYun59opngN8VRoX8vXB04c8-jx/view?usp=sharing
7. Aksi Nyata
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Manfaat yang saya dapatkan yang berpengaruh terhadap kesiapan saya sebagai guru adalah memahami tentang zpd yang akan berguna ketika saya akan menentukan zona atas atau zona bawah pemahaman siswa dan menentukan bantuan yang tepat untuk saya berikan solusi kepada siswa. Saya menilai kesiapan saya saat ini dengan adalah 7 karena saya masih perlu banyak memahami dan mengetahui cara mengimplementasikan ZPD dengan tepat agar siswa dapat diberikan bantuan yang tepat karena bantuan tersebut berpengaruh terhadap potensi peserta didik untuk mencapai maksimal.

Komentar
Posting Komentar